Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk, Simak Ulasan Berikut Ini!

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk, Simak Ulasan Berikut Ini!

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti pernah mempunyai hutang. Namun berbeda jika hutang tersebut ternyata berjumlah banyak, dan terkesan menumpuk. Bagaimana cara melunasi hutang yang menumpuk tersebut? Berikut beberapa ulasan yang mungkin bisa membantu.

Mempunyai hutang yang menumpuk tentunya akan membuat beban pikiran semakin rumit. Ditambah lagi dengan tagihan yang makin hari semakin sering diterima, baik berupa tagihan tertulis maupun dengan didatangi oleh pemberi hutang secara langsung.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, baiknya untuk segera melunasi hutang yang menumpuk tersebut, seperti dengan cara-cara sebagai berikut:

MENUJU TOPIK

1. Mencatat Keseluruhan Hutang

Hutang dengan nominal kecil, maupun hutang yang berjumlah besar tetaplah harus dibayar. Jangan pernah berpikiran, jika hutang dengan nominal kecil akan selalu diingat tanpa harus dicatat. Hal ini bertujuan untuk menghitung seberapa besar hutang yang kita miliki dan pada siapa saja kita berhutang.

2. Menentukan Mana Saja Hutang Yang Harus Dilunasi Terlebih Dahulu

Penentuan jenis hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu ini bisa ditentukan oleh waktu pemberian hutang, tempo pelunasan hingga jumlah hutang yang harus dilunasi. Misal hutang yang diberikan pertama kali, hutang dengan jangka waktu yang tidak lama, maupun hutang dengan nominal kecil.

3. Membiasakan Diri Untuk Menabung

Mungkin ini salah satunya alasan mengapa tidak bisa melunasi hutang, Ada orang karena tidak membiasakan diri untuk menabung, sehingga setiap pemasukan seringkali habis tak tersisa. Dengan menabung, bukan tak mungkin semua hutang bisa cepat lunas.

4. Berhemat

Jika dalam kesehariannya, sudah terbiasa hidup royal dan terkesan berfoya-foya, mungkin ada baiknya dengan memiliki hutang yang menumpuk, bisa merubah kebiasaan tersebut bisa dirubah menjadi lebih hemat. Karena dengan berhemat, setidaknya uang bisa digunakan untuk melunasi hutang yang menumpuk.

5. Mencari penghasilan Tambahan

Cara melunasi hutang yang menumpuk selanjutnya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Bisa dengan mencari pekerjaan baru, berdagang maupun dengan berbisnis kecil-kecilan. Setidaknya dengan mencari penghasilan tambahan, ada pemasukan lain yang bisa digunakan untuk melunasi hutang.

6. Menjual Aset Pribadi

Pilihlah satu atau beberapa aset pribadi yang bisa menghasilkan uang, sebagai cara melunasi hutang yang menumpuk. Cara ini terbilang ampuh, jika dibandingkan dengan mencari pinjaman lain untuk  melunasi hutang yang ada.

7. Membiasakan Diri Untuk Selalu Disiplin Dalam Melunasi Hutang

Jika rencana sebelumnya adalah menabung untuk melunasi hutang yang menumpuk, maka rencana tersebut haruslah konsisten hingga tujuan tersebut  bisa tercapai. Membiasakan diri untuk disiplin dalam melunasi hutang juga bisa melatih diri untuk selalu memprioritaskan dalam membayar hutang.

8. Hindari Menambah Hutang

Mungkin dengan mencari pinjaman kembali adalah hal yang paling mudah dalam melunasi hutang yang menumpuk. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa meminjam kembali malah akan menambah utang baru, meskipun hutang lama sudah dilunasi.

9. Hindari Memakai Kartu Kredit

Cara melunasi hutang yang menumpuk selanjutnya adalah dengan menghindari pemakaian kartu kredit. Hal ini disebabkan karena kartu kredit bisa menjadi pemicu dalam berhutang. Kartu kredit juga memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi yang total biayanya dibebankan pada hutang.

10. Berkonsultasi Dengan Ahli Keuangan

Jika cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya sudah dicoba, namun tetap saja hutang yang menumpuk tersebut belum juga bisa dilunasi, maka pilhan terakhir adalah dengan berkonsultasi dengan ahli keuangan/finansial. Ahli keuangan akan memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah pelunasan hutang, tentunya yang sesuai dengan bidang keuangan.

Itu adalah beberapa  cara melunasi hutang yang menumpuk yang bisa dicoba. Dengan mencoba cara-cara tersebut, juga disertai dengan kesadaran diri untuk melunasi hutang, maka bukan tak mungkin jika hutang yang menumpuk tersebut bisa cepat lunas dan terbebas dari jeratan hutang.

 

Baca Juga :  Fitur Robo Advisor Bibit Bantuan untuk Investor Pemula