Cara Menggadaikan Emas Di Pegadaian Tanpa Surat Lengkap

Cara Menggadaikan Emas Di Pegadaian Tanpa Surat Lengkap

Terkadang perkembangan ekonomi global yang penuh tekanan juga mempengaruhi pertumbuhan usaha maupun bisnis. Sehingga dibutuhkan dana segar yang cepat untuk menjaga kelangsungan usaha tersebut. Emas merupakan alternatif terbaik untuk mendapatkan dana segar tersebut, namun terkendala dengan kelengkapan surat-suratnya. Untuk itu diperlukan cara menggadaikan emas di pegadaian tanpa surat yang lengkap.

Banyak para pebisnis handal yang menjadikan emas simpanannya sebagai aset investasi, sekaligus menjadi dana cadangan dikala keadaan darurat dan membutuhkan dana segar. Apalagi proses menggadaikan emas di pegadaian pun saat ini relatif mudah dan cepat, meskipun terkadang terkendala dengan kelengkapan syarat administrasinya. Beberapa cara menggadaikan emas di pegadaian tanpa surat lengkap dengan mudan dan nyaman, antara lain:

MENUJU TOPIK

1. Perhatikan Persyaratannya

Yang pertama perlu diperhatikan saat akan menggadaikan emas diawali dengan mengetahui harga emas terupdate sebelum nya. Biasanya nilai gadai emas di pegadaian berkisar 80% dari harga jual emas saat itu. Selanjutnya lengkapi kelengkapan untuk persyaratan administrasinya, seperti; surat identitas, kwitansi pembelian ataupun sertifikat untuk emas batangannya. Sebab pegadaian yang merupakan lembaga resmi akan meminta kelengkapan surat-surat tersebut.

2. Kelengkapan Identitas

Kelengkapan identitas sangat diperlukan oleh seseorang ketika akan menggadaikan barang apapun ke kantor pegadaian. Sebagai kelengkapan administrasi untuk pencatatan kepemilikan emas yang diagunkan tersebut. Tetapi karena beberapa hal, seseorang kehilangan kartu identitas, seperti KTP, SIM maupun pasportnya. Maka, diperlukan tindakan dan cara menggadaikan emas di pegadaian tanpa surat sebagaimana berikut:

  • Membawa surat pengantar dari RT dan RW domisili.
  • Membawa surat keterangan dari kelurahan atau desa yang ditandatangani pejabat terkait.
  • Menunjukan kartu keluarga asli dan meng fotocopynya

3. Sertifikat atau Kuitansi Pembelian

Untuk menggadaikan emas perhiasan tentunya akan diminta surat-surat bukti kepemilikan atau kuitansi pembeliannya. Sebab pegadaian tidak akan berani atau mau mengambil resiko, apalagi jika emas perhiasan yang akan digadai tersebut merupakan hasil suatu  tindak kejahatan. Jadi harus ada surat atau kwitansi resmi  pembelian emas perhiasan tersebut.

Cara menggadaikan emas di pegadaian tanpa surat kwitansi pembelian hanya dapat dilakukan untuk logam mulia saja. sebab logam mulia atau emas batangan tidak membutuhkan kwitansi pembelian, tetapi sertifikat yang menunjukkan keasliannya saja sudah cukup. jadi kalau menggadaikan emas batangan periksa kesesuaian nomor seri antara sertifikat dengan logam mulai tersebut.

4. Kehilangan kwitansi Pembelian

Surat keterangan kehilangan dari kepolisian dapat menjadi upaya untuk mendapatkan copy kuitansi pembelian resmi dari toko emas dimana dahulu nasabah membelinya. Sehingga keabsahan kwitansi pembelian tersebut dapat digunakan untuk menggadaikan emasnya di pegadaian. Meskipun membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, namun langkah ini merupakan solusi tepat dan aman.

5. Pahami Resiko Tanpa Surat

Setiap lembaga keuangan resmi yang bergerak di gadai, jual mapun beli tentunya menghindari masalah atau kemuningkan resiko buruk dalam setiap transaksinya. Jadi wajar apabila lembaga keuangan yang resmi selalu menuntut adanya kelengkapan persyaratan administrasinya. Untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di kemudian harinya.

Memang ada juga yang mau menerima gadai tanpa dilengkapi surat resminya. Biasanya kelompok atau perorangan yang terkadang memberikan bunga yang cukup tinggi. Tentunya hal tersebut cukup beresiko dan dapat merugikan nasabah itu sendiri.  Apalagi jika emas yang digadai tersebut dibawa kabur oleh orang atau kelompok tersebut.

Nah, demikian cara menggadaikan emas di pegadaian tanpa surat lengkap dengan mudah dan nyaman. Emas yang dikenal sebagai salah satu aset keuangan yang evergreen, sering dijadikan sarana berinvestasi sekaligus dana cadangan dikala keadaan mendesak dan membutuhkan dana segar dengan cepat dan mudah. meskipun terkendala dengan kelengkapan surat-suratnya, emas tetap laku untuk digadaikan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat

 

Baca Juga :  Nabung Emas di Pegadaian Digital Memberikan Sejuta Manfaat