Begini Cara Menabung Unik Dan Bikin Semangat Bagi yang Malas

Begini Cara Menabung Unik Dan Bikin Semangat Bagi yang Malas

Jika hasrat menabung sangat kecil mungkin membutuhkan cara menabung unik dan bikin semangat kembali naik. Namun sayangnya tidak banyak masyarakat yang mengetahui tekniknya sehingga aktivitas menabung dilakukan asal-asalan.

Oleh karena alasan diatas, maka di bawah ini akan dijelaskan tentang teknik menabung unik dan menarik. Silahkan disimak semoga bisa menjadi tambahan informasi terbaru sehingga semangat menabung kembali besar. Ini cara yang dimaksud:

1. Menabung dengan Jumlah yang Sama Setiap Hari

Cara yang unik untuk menabung yang pertama adalah menabung dengan jumlah yang sama setiap hari. Untuk nominalnya tergantung si penabung tetapi yang umum adalah Rp10.000 dan Rp20.000. Maksud teknik ini, silakan hari ini tabung Rp10.000 dan besok tabung juga Rp10.000 tidak bertambah atau dikurangi.

Ini cara yang layak dicoba karena motivasinya bukan mempercepat uang terkumpul tapi sensasinya karena menabung dengan jumlah sama. Jika teknik ini yang digunakan uang yang dikumpulkan juga besar. Apalagi kalau yang ditabung Rp20.000 sebulan saja sudah terkumpul Rp600.000 apalagi jika sudah menabung selama satu tahun.

2. Menabung dengan Nominal Mengikut Tanggal Hari Ini

Cara menabung unik dan bikin semangat kedua adalah menabung dengan nominal mengikut tanggal. Misal jika tabungan pertama bertepatan dengan tanggal 1, maka silahkan tabung uang Rp1.000. Sedangkan keesokan harinya atau tanggal 2, tabung Rp2.000.

Lakukan teknik ini secara terus menerus hingga tiba di akhir bulan. Yang mana jika akhir bulan bertepatan dengan tanggal 30 maka tabung uang Rp30.000. Sedangkan kalau akhir adalah tanggal 31 silakan sisihkan uang untuk ditabung Rp31.000. Teknik ini sangat menarik dan ada jaminan semangat menabung tidak akan pernah kendor. Apalagi jika sudah tiba satu tahun ketika sudah waktunya celengan dipecahkan tentu akan kaget melihat nominal angka yang besar.

3. Menabung Mundur dengan Kelipatan yang Tepat

Teknik menabung unik itu sangat banyak macamnya yang salah satunya adalah menabung mundur dengan kelipatan yang tepat. Untuk menggunakan teknik ini harus ditentukan terlebih dahulu berapa kelipatan tabungan yang akan ditabungkan.

Jika memilih kelipatan Rp10.000, maka silahkan tentukan berapa nominal terbesar untuk tabungan pertama. Misal nominal yang dipilih adalah Rp100.000 maka silahkan pada tanggal 1 tabung sesuai dengan nominal tersebut. Nah di tanggal 2 baru menabung mundur sesuai kelipatan Rp10.000 dari Rp100.000 yaitu Rp90.000. Jika diruntut nominal yang ditabungkan dari tanggal pertama sampai terakhir adalah Rp100.000, Rp90.000, Rp80.000, Rp70.000 dan seterusnya.

4. Menabung Full Receh

Cara menabung unik dan bikin semangat yang selanjutnya adalah menabung full receh. Maksudnya jenis uang yang ditabungkan bukan uang kertas tetapi uang koin. Namun, pastikan yang ditabungkan adalah semuanya agar sensasinya semakin sempurna. Jika menggunakan teknik ini pastikan tidak ada satupun uang koin tersisa di dalam dompet karena semuanya sudah berpindah ke celengan. Ini juga bisa menjadi tips untuk melupakan istilah “belanja untuk menghabiskan uang kecil”.

Tak hanya itu, mulai saat ini hentikan kebiasaan menerima barang sebagai pengganti sisa uang saat berbelanja. Tetapi tetap harus meminta uang sekalipun koin karena nanti bisa ditabungkan yang potensi nominal menjadi banyak juga sangat besar.

5. Tabung Uang via Aplikasi

Saat ini untuk menabung sudah sangat mudah. Apalagi pihak Bank sudah banyak yang merilis aplikasi berbasis Mobile Banking. Nah, software ini bisa dimanfaatkan dengan langsung memotong gaji untuk tabungan di dalam aplikasi tersebut. Jadi ada kepuasan tersendiri ketika cek saldo di aplikasi jumlahnya masih besar. Dijamin kalau teknik ini yang digunakan semangat untuk menabung minimal sebulan sekali akan semakin tinggi.

Itulah beberapa cara menabung unik dan bikin semangat yang bisa dicoba di rumah. Pastikan sertai aktivitas dengan tekad yang bulat dan keinginan yang kuat untuk memiliki nominal tabungan yang memuaskan.

Baca Juga :  Kenali Risiko Investasi Reksadana Pasar Uang Agar Mampu Mengatasinya