5 Cara Menghemat Pengeluaran Sehari Hari yang Bikin Ekonomi Sehat

5 Cara Menghemat Pengeluaran Sehari Hari yang Bikin Ekonomi Sehat

Cara menghemat pengeluaran sehari-hari itu mudah tetapi tekadnya yang sangat sulit. Apalagi bagi yang tidak mampu menahan diri untuk tidak membeli ketika ada produk-produk jenis baru yang salah satunya ponsel. Padahal smartphone adalah barang lux yang harganya mahal. Sehingga gonta-ganti ponsel hanya menghabiskan uang saja. Silakan terapkan cara berhemat di bawah yang tidak hanya mencegah kegandrungan pada ponsel tetapi juga produk lain. Ini cara yang dimaksud:

MENUJU TOPIK

1. Beli Produk Kategori Primer dan Sekunder saja

Cara menghemat pengeluaran sehari-hari yang pertama adalah membeli produk kategori primer/pokok dan sekunder/pendukung saja. Maksudnya hindari membeli kebutuhan tersier atau mewah jika kebutuhan makan, pakaian, rumah, biaya listrik, air belum terpenuhi. Tidak mengapa membeli kebutuhan luks seperti mobil baru, smartphone anyar, sepeda lipat jika ada uang sisa setelah dibelanjakan kebutuhan pokok.

Sekalipun demikian ditabung tetap solusi yang terbaik dan sehat. Toh suatu saat uang tabungan pasti dibutuhkan untuk hal tertentu seperti biaya kuliah anak, perawatan diri saat sakit dan lainnya. Sedangkan barang luks biasanya harga second-nya jauh lebih murah dibandingkan saat membeli baru sehingga kerugian pemilik sangat besar.

2. Lakukan Pencatatan Pengeluaran secara Detail

Langkah berikutnya adalah melakukan pencatatan pengeluaran secara detail dimulai dari pengeluaran untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu. Catat draf ini minimal di awal bulan atau beberapa saat setelah gaji didapatkan. Jika ada list pengeluaran lengkap tentu langkah menghemat uang lebih mudah. Sebab kalkulasi penghitungan antara biaya pengeluaran dengan pemasukan diketahui. Jika pun terjadi pengeluaran lebih besar tinggal di-list mana pengeluaran yang tidak dialokasikan.

Sekalipun cara ini 100% manjur tetapi tetap harus disertai dengan tekad yang bulat untuk mematuhi catatan yang telah tertulis. Jika tidak, tentu pencatatan pengeluaran menjadi sia-sia karena uang masih keluar untuk kebutuhan yang tidak dimasukkan ke dalam draf.

3. Tabung Semua Sisa Uang

Cara menghemat pengeluaran sehari-hari yang ketiga adalah tabung semua sisa uang terutama yang nominal kecil. Sebab umumnya uang pecahan Rp50.000 ke bawah ini yang membuat daya tarik untuk segera mengeluarkannya sangat besar.

Jika ingin lebih maksimal silakan tabung di Bank saja supaya sekali waktu dibutuhkan mudah untuk diambil kembali. Namun, jika hasrat beli begitu tinggi lebih baik tabung di rumah saja atau dititipkan pada keluarga yang lebih sukar diminta.

Cara ini bagus asalkan semua kebutuhan sudah terpenuhi termasuk kebutuhan uang saku. Apalagi bagi pria yang kebutuhan di luar rumah lebih besar dibandingkan perempuan seperti biaya perawatan mobil, biaya parkir dan uang bensin.

4. Jangan Terbiasa Menggunakan Uang Cash saat Transaksi

Jika terbiasa menggunakan uang cash saat transaksi berarti di dompet selalu terselip sejumlah uang. Selain tidak aman ini juga merangsang diri untuk bersikap konsumtif apalagi jika pas di jalan ada produk mahal yang menarik minat. Maka dari itu, silahkan tabung sisa uang biarkan yang ada di dompet adalah kartu ATM saja. Ini adalah cara yang tepat minimal bisa menurunkan keinginan untuk membeli barang di luar rencana keuangan.

5. Jangan Keseringan Keluar Rumah

Tips menghemat biaya pengeluaran yang paling unik tetapi ampuh adalah jangan keseringan keluar rumah kecuali untuk kepentingan mendesak. Ini juga termasuk menghindari kebiasaan kumpul di mall atau makan di restoran setiap minggu. Bolehkah mencari hiburan sekali waktu seperti makan-makan di resto tetapi minimal satu bulan sekali saja. Termasuk mengunjungi tempat wisata di dekat rumah saja yang bisa menghemat biaya.

Itulah cara menghemat pengeluaran sehari-hari yang 100% berhasil asal diterapkan dengan bersungguh-sungguh. Jika tidak, siap-siap saja gaji habis tanpa sedikitpun memiliki tabungan untuk jangka panjang.

 

Baca Juga :  Kenali Risiko Investasi Reksadana Online Agar Tidak Kaget